>


UNIRA Segera Terwujud, Tinggal Menunggu Ijin Operasional


MediaNias.ID
, Nias Selatan - Proses panjang Yayasan Pendidikan Nias Selatan (YPNS) dalam menggabungkan tiga institusi STKIP-STIE-STIH Nias Selatan menjadi Universitas Nias Raya (UNIRA) kini sudah mulai menemukan titik terang, kabar baiknya tiga prodi ilmu eksakta prodi ilmu komputer, prodi sistem informasi dan prodi agroteknologi sudah mendapatkan rekomendasi dari evaluator Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Pendidikan Tinggi sebagai syarat Universitas minimal memiliki tiga prodi ilmu eksakta. 

STKIP sebagai FKIP, STIE sebagai Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan STIH sebagai Fakultas Hukum dan ditambah Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Informasi pada prodi yang baru.

Kehadiran Universitas sendiri memang sangat dinantikan oleh masyarakat kepulauan Nias, harapannya dengan adanya perguruan tinggi Universitas dapat membawa peningkatan sumber daya manusia, dimana dengan adanya Universitas semakin banyak pilihan program studi bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi serta peluang mengisi SDM di Kepulauan Nias

Ketua tim perumus UNIRA Dr. Martiman S. Sarumaha, M.Pd mengatakan direkomendasikannya tiga prodi eksakta menjadi syarat dalam penggabungan tiga institusi dibawah YPNS menjadi Universitas Nias Raya (UNIRA).

Kami sebagai tim perumus UNIRA tentu akan mengawal hal ini sampai benar-benar mendapatkan ijin operasional dari kementerian pendidikan dan kebudayaan dalam hal ini melalui Dirjen Pendidikan Tinggi, kami berharap sebelum perkuliahan semester ganjil tahun ini, ijin operasionalnya sudah terbit, supaya yang mendaftar nantinya punya pilihan program studi yang ada di Unira.

Tentu menambah semangat baru bagi kami, sekaligus untuk menjawab bonus demografi Indonesia tahun 2030 ungkap pak Martiman S. Sarumaha. Mohon dukungan, restu dan doa seluruh masyarakat kepulauan Nias.





Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: