>


Mulai 1 Juni, Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link akan Dikenakan Biaya


MediaNias.ID
, Jakarta - Mulai 1 Juni, cek saldo hingga tarik tunai di ATM Link yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) atau Bank BUMN tidak lagi gratis, kini dikenakan biaya.

Bank-bank BUMN yang tersebut terdiri dari Bank BRI, BNI, BTN, dan Bank Mandiri akan mengenakan biaya cek saldo dan tarik tunai. 

Untuk transaksi cek saldo yang sebelumnya tidak dipungut biaya, nantinya akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500 per transaksi dan Rp 5.000 untuk transaksi tarik tunai.

Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Aestika Oryza Gunarto mengatakan, keputusan tersebut merupakan keputusan bersama dari 4 bank pelat merah, yakni Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. 

"Dalam rangka mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi maka setiap transaksi Cek Saldo dan Tarik Tunai Kartu BRI di ATM Bank Himbara atau ATM dengan tampilan ATM Link maka diberlakukan perubahan biaya transaksi ATM Link," jelas Aestika dalam keterangan tertulis.

Netizen Seketika Mengkritik Keras Rencana Himbara

Kebijakan yang akan dimulai pada bulan depan ini langsung mendapat respons keras dari warganet. Mayoritas komentar ini bernada penolakan terhadap kebijakan teranyar ATM Link yang padahal juga dikelola oleh Himbara.

"Tega. Padahal Link tu andalan banget saat Mandiri sering error ATM-nya," tulis akun @bukan_isnaini di akun Twitternya, Senin (24/5).

Ada juga netizen yang menilai kebijakan tersebut justru bertentangan dengan semangat keberadaan ATM Link. Pemungutan biaya ini akan semakin membebani nasabah, terlebih lagi banyak atm-atm bank BUMN yang kini berubah jadi ATM Link.

Era Menteri BUMN Rini Soemarno Gratiskan Tarik Tunai dan Cek Saldo

Saat menteri BUMN Rini Soemarno tahun 2015 silam, ia mendorong insentif bagi nasabah dari bank-bank BUMN. Pada saat itu memang tujuan utama yaitu meningkatkan jumlah nasabah.

Artinya, pada saat itu nasabah tidak dibebani biaya cek saldo dan tarik tunai di ATM Link BUMN.

"Perlu dipikirkan bagaimana biaya transaksi via ATM antar-bank Himbara bisa menjadi Rp 0. Ini sekaligus bisa menarik lebih banyak nasabah untuk bergabung," ujar Rini saat itu.


Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: