Calon Kepala Daerah PDIP di Sumut Diumumkan Akhir Juli

MediaNias.ID, Medan - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Sumatera Utara akhir juli ini segera mengeluarkan rekomendasi para kandidat calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020.

Terungkap melalui Pelaksana Tugas Ketua DPD PDIP Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat.

Menurut anggota DPR RI itu, sejauh ini nama para kandidat sudah tahap pengerucutan dan penerbitan rekomendasi di DPP PDIP.

Disinggung kemungkinan rekomendasi keluar Juli 2020, Djarot membenarkan. "Insyaallah di akhir Juli," katanya, dikonfirmasi lewat sambungan pesan WhatsApp.

Menyangkut penentuan kandidat kepala daerah yang akan diusung PDIP di Sumatera Utara, Djarot mengakui DPP PDIP memiliki sejumlah parameter penting. Di samping parameter kader internal, ada parameter lainnya.

"Seperti kapasitas untuk menerapkan ideologi Pancasila dalam setiap kebijakan pembangunan daerah, integritas kandidat, dan potensi atau peluang kemenangan," katanya.

Ketua DPP PDIP itu enggan memberikan penjelasan lebih jauh soal nama kandidat yang akan diusung termasuk di Kota Medan.

Diketahui di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu, ada kandidat petahana Akhyar Nasution yang kini menjabat sebagai Pelaksana Tugas Wali Kota Medan. Akhyar sendiri merupakan kader dan pengurus PDIP Sumatera Utara.

Persaingan untuk merebut dukungan dan usungan PDIP di Kota Medan semakin seru, karena di sana juga ada menantu Presiden Jokowi, yakni Bobby Nasution yang juga diperkirakan akan berusaha mendapatkan kursi parpol tersebut.

Berdasarkan jumlah kursi di DPRD Kota Medan periode 2019-2024 sebanyak 50 kursi, PDIP dan Gerindra masing-masing memiliki 10 kursi.

Kemudian PKS 7 kursi, PAN 6, masing-masing 4 kursi untuk NasDem, Golkar, dan Demokrat. Lalu Hanura dan PSI mendapat 2 kursi dan PPP 1 kursi.

Untuk diketahui, Pilkada 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia. Adapun 270 wilayah ini meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Di Sumatera Utara ada 23 kabupaten kota yang menggelar Pilkada 2020 yang direncanakan 9 Desember mendatang.

Berikut daftar kabupaten kota yang rencananya melaksanakan Pilkada Serentak 2020 di Sumut:

1. Kota Binjai
2. Kota Medan
3. Kabupaten Serdang Bedagai
4. Kota Pematangsiantar
5. Kabupaten Simalungun
6. Kabupaten Asahan
7. Kota Tanjung Balai
8. Kabupaten Karo
9. Kabupaten Pakpak Bharat
10. Kabupaten Labuhan Batu Utara
11. Kabupaten Labuhan Batu
12. Kabupaten Labuhan Batu Selatan
13. Kabupaten Toba Samosir
14. Kabupaten Samosir
15. Kabupaten Humbang Hasundutan
16. Kota Sibolga
17. Kabupaten Mandailing Natal
18. Kabupaten Tapanuli Selatan
19. Kota Gunung Sitoli
20. Kabupaten Nias
21. Kabupaten Nias Utara
22. Kabupaten Nias Barat
23. Kabupaten Nias Selatan.



Sumber: tagar.id

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: