>


Peselancar Indonesia Juara 1 QS5000 Men's Categori Nias Pro



MediaNias.id_peselancar Indonesia,Rio Waida berhasil mengalahkan saingannya dari Australia Tully Wylie pada Babak Final di Teluk Lagundri, Sorake Beach, Nias Selatan, Sumatera Utara, Minggu (17/9/2023) sore hari.

Rio Waida merupakan seorang peselancar profesional berkebangsaan Indonesia. Pada 2019, ia pernah meraih medali perak untuk Indonesia pada Pesta Olahraga Asia Tenggara yang berlangsung di Filipina, sedangkan medali emas diraih oleh sesama peselancar Indonesia, Oney Anwar.

Rio Waida menjadi satu-satunya peselancar Indonesia yang masuk ke Babak Final Kejuaraan World Surf League (WSL) Nias Pro 2023 QS5000 setelah 27 orang peselancar terbaik Indonesia lainnya berhenti di babak-babak sebelumnya.

Di babak final kali ini, Rio Waida menantang dan bertransaksi di atas papan selancar dengan sangat sempurna.Aksi pertamanya berhasil mencetak skor terbaik di moment ini 8,77 dan terakhir 9,60. Dari 7 gelombang yang ditantangnya, Rio kumpulkan skor 18,37 hampir sempurna dari target 20.

Sementara saingannya peselancar dari Australia Tully Wylie dari 7 kali gelombang yang diambil, dia hanya mampu menghasilkan nilai terbaik 6,73 dan 7,50. Setelah melalui waktu 30 menit di atas air, ia berhasil mengumpulkan skor 14,23.

Para penonton di Pantai Sorake bersorak bahagia menyerukan nama Rio yang memimpin putaran pertama di babak ini sambil bendera Indonesia dikibarkan di pantai Sorake. Sesampainya di pantai langsung disambut oleh Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha SH.,MH, Wakil Bupati Nias  Selatan, Firman Giawa SH.,MH, Forkopimda Nias Selatan,Panitia WSL, dan PSOI. 

Rio menyampaikan bahwa dirinya sangat bahagia selain karena menang  dia juga sangat bahagia bisa datang untuk pertama kali menjelajahi ombak di Nias Selatan,Sorake Beach. 

Lebih lanjut, Rio menyampaikan bahwa Ombak di Sorake Beach sangat baik bahkan terbaik di dunia. 

Saya sangat bahagia karena bisa berada di sini. Ini pertama kali saya ke Nias Selatan. Ombaknya sangat bagus,salah satu yang terbaik di dunia,Ungkapnya.

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: