>


Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Raih Predikat WTP Pertama Kali


Medianias.id_Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH., MH bersama Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa., SH., MH menghadiri Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2022 – Audited di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol Medan, Senin 8 Mei 2023.

Adapun serah terima LKPD Audited Pemerintah Kabupaten Nias Selatan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan dan diterima langsung oleh Bupati Nias Selatan didampingi Wakil Bupati Nias Selatan serta Ketua DPRD Nias Selatan.

Berdasarkan Undang Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, BPK mendapat amanah untuk memeriksa pengelolaan tanggung jawab dan keuangan negara,” ucap Eydu Panjaitan.

Eydu Panjaitan menjelaskan bahwa pemeriksaan laporan keuangan bertujuan untuk memberikan Opini yang merupakan pernyataan profesional pemeriksa atas kewajaran penyajian laporan keuangan berdasarkan kesesuaian penyajian dengan standar akuntasi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, efektifitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Berdasarkan responsifnya pemerintah Kabupaten Nias Selatan dalam menindaklanjuti baik permasalahan tahun 2022 maupun atas permasalahan keuangan tahun sebelumnya maka BPK mencatat sudah tidak ada lagi permasalahan signifikan yang memengaruhi kewajaran laporan keuangan pemerintah Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2022. Untuk itu BPK memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bagi Pemerintah Kabupaten Nias Selatan,” Ucap Eydu Panjaitan.Eydu Panjaitan pun mengakhiri sambutannya dengan menyampaikan pantun yang isinya mengungkapkan pujian dan ucapan selamat atas predikat WTP yang berhasil diraih oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

Sekian purnama berkeluh tangis, hasil yang baik akhirnya datang, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan silahkan tersenyum manis, akhirnya WTP sudah di tangan,” ujar Eydu Panjaitan mengakhiri sambutannya.

Pernyataan WTP oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Utara tersebut disambut dengan tepuk tangan meriah dan senyuman dari seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Nias Selatan yang terus-menerus telah berjuang dan bekerja keras untuk memperbaiki dan menyempurnakan tata kelola keuangan di Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

Sementara itu dalam sambutannya,Bupati Nias Selatan Dr.Hilarius Duha SH.,MH menyampaikan ucapan terima kasih atas Opini WTP tersebut.

Saya tadi mendengar bahwa kami mendapatkan WTP. Keberhasilan meraih Opini WTP ini bukan hanya semata-mata karena kemampuan kami tetapi juga karena dukungan dari tim dan semua pegawai BPK RI Perwakilan Sumatera Utara yang senantiasa memberikan nasihat sehingga kami bisa mendapatkan hasil WTP sekarang”, ujar Hilarius Duha.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Nias Selatan menyampaikan apresiasi atas Opini WTP yang berhasil diraih oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan. Hal ini merupakan buah dari kerja keras yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan di bawah kepemimpinan Bupati Nias Selatan Hilarius Duha dan Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa.

Saya harus mengatakan dengan jujur bahwa kalimat terakhir yang disampaikan oleh Bapak perwakilan BPK menggetarkan hati saya, akhirnya WTP. Ini mimpi yang didambakan dimana malam ini kita mendapat WTP. Atas nama DPRD Nias Selatan, kami sampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada Bapak Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda serta Kepala OPD dan jajaran staf yang selama ini telah berpikir keras memperbaiki berbagai kekurangan terkait tata kelola di Pemerintah Kabupaten Nias Selatan,” ucap Ketua DPRD Nias Selatan, Elisati Halawa,.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, M.M, Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan Elisati Halawa, S.T, Inspektur Nias Selatan Amsarno Sarumaha, SH.,MH, Kepala BPKAD Nias Selatan Aferili Harita, SE.,M.A., Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias Selatan Anarota Ndruru, SP., M.AP., Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ermanjaya Buulolo, SST, Kabid Aset Kabupaten Nias Selatan Agus Yursen Laia, Kabid Anggaran Serius Gulo, Kabid Akuntansi Yaatulo Warae, Kasubbid Pelaporan dan Belanja Erwin Buulolo, dan Staf BPKAD Helpin Hondro.

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: