>


Menteri BUMN Erik Thohir,Kunjungan Kerja di Kepulauan Nias


Medianias.id _ Menteri BUMN RI Erick Thohir untuk pertama kalinya datang di Kepulauan Nias, yang diselenggarakan di Kantor Sinode BNKP, Jl. Soekarno No.22 Gunungsitoli, Sabtu, 7 Januari 2022.

Dalam sambutannya Menteri BUMN RI mengajak para Kepala Daerah yang hadir untuk bergotong royong dan berkolaborasi untuk membangun Kepulauan Nias.

Para pimpinan daerah harus memikirkan project strategis nasional yang tepat di nias.” tandas Erick Thohir. Ungkapan tersebut diutarakan Erick Thohir sebagai langkah awal untuk menjembatani pemerintah pusat dan daerah untuk membangun Kepulauan Nias.

Alasan Erick Thohir meminta Kepala Daerah memikirkan project strategis nasional yang akan dibangun di Kepulauan Nias, karena pemerintah pusat dan daerah sering tidak mensinkronisasikan kekuatan dari suatu daerah. Hal ini menyebabkan project nasional yang sudah dibangun serta diinvestasikan menjadi tidak berdaya guna untuk memberi pertambahan nilai ekonomi bagi daerah tersebut.Kepulauan Nias mau yang mana? Ini yang besar, mau yang mana? Mau sebagai tujuan wisata, atau menjadi lumbung pangan. Opsi itu harus ditentukan. Supaya bapak presiden bisa mendorong project strategis nasional ini, tapi berkesinambungan” tambah Erick Thohir.

Erick Thohir menyampaikan siap mempertemukan para kepala daerah di Kepulauan Nias dengan kementerian terkait bersama Presiden Republik Indonesia, apabila kepala daerah sudah duduk bersama menyepakati project nasional apa yang akan dibangun di Kepulauan Nias.

“Coba para pimpinan daerah duduk, mau apa? Baru ketika presiden hadir di sini atau kita bertemu presiden, Pak ini lho pak, kami butuh dana sekian T Pak. Kalau kecil kecil, tidak jadi apa-apa” ucap Erick Thohir.

Pada momen tersebut, Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa SH., MH., meminta kepada Erick Thohir agar salah satu BUMN berinvestasi di Nias Selatan, membangun daerah wisata Nias Selatan. Sebab salah satu potensi besar di Kabupaten Nias Selatan adalah potensi wisata.

Usai acara penyambutan Menteri BUMN RI di Aula Kantor Sinode BNKP, dilanjutkan berjalan ke Taman Ya’ahowu untuk melaksanakan acara Penganugerahan Gelar Adat Nias (Balugu Sangeri H.Erick Thohir Zebua),kepada Menteri BUMN RI serta pelaksanaan kegiatan pasar murah dan pemberian bantuan alat kesehatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Gunungsitoli, Bupati Nias Utara,Wakil Bupati Nias Selatan, Wakil Bupati Nias Barat, Komandan Lanal Nias, Dandim 0213/Nias, Kapolres Nias, Pimpinan Bank BUMN di Kepulauan Nias, tokoh agama se-Kepulauan Nias, tokoh adat se-Kepulauan Nias, dan tokoh masyarakat se-Kepulauan Nias. 

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: