>


Menyongsong Pemilu 2024,Bawaslu Nias Selatan,Menyelenggarakan Pelatihan Sistem Informasi Publik dan Pengelolaan Data


Medianias.id_Nias Selatan,Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Nias Selatan,Melaksanakan kegiatan Pembekalan terhadap Staf Sekretariat Non ASN pada hari Kamis 7 juli 2022,bertempat di kantor Bawaslu Nias Selatan,jalan Saonigeho km 2,Telukdalam.Narasumber kegiatan Sistem Informasi Publik dan Pengelolaan data Informasi Publik,yakni Tobias Duha S,Kom.,M,Kom.Dosen Universitas Nias Raya (UNIRAYA).beliau juga Ka Prodi Sistem Informasi di UNIRAYA.dalam Pemaparannya,Menjelaskan Sistem Siklus Pengelolaan data yang berbasis digitalisasi,sekaligus menyampaikan Manajemen Resiko Sistem Informasi digitalisasi,agar tidak mudah di hack/di bobol orang.

Selanjutnya Tobias Duha,Menyampaikan bahwa Pemanfaatan secara Optimal Sistem Informasi Publik,Sangat mendukung kinerja Bawaslu Kabupaten Nias Selatan dalam Mensukseskan Pemilu 2024,.

Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Selatan,Harapan Bawaulu SE.,MM. dalam sambutannya pada acara SIM dan Pengelolaan Data Informasi Publik menyampaikan bahwa sistem informasi manajemen (SIM) bertujuan untuk mendukung Tupoksi Bawaslu dalam mengambil keputusan dalam pengawasan, pencegahan dan penindakan Pemilu secara efisien dan efektif berdasarkan data/ informasi.


Selanjutnya "Harapan Bawaulu"  menambahkan pengelolaan data informasi publik bertujuan untuk menyajikan data secara terintegrasi dan informatif kepada internal lembaga Bawaslu dan eksternal/Publik. Data yang dihasilkan oleh Divisi Organisasi Sumber Daya Manusia, Divisi PHL, dan Devisi HPPS disimpan, dikelola, dikirim atau yang diterima oleh lembaga Bawaslu terintegrasi dalam satu pintu Bank Data Digitalisasi Bawaslu.Sedangkan data informasi publik bertujuan untuk menyajikan data yang wajib diumumkan/ disediakan secara berkala dan data yang dikecualikan sebagaimana diatur dalam Perbawaslu 10 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik dan UU 14 Tahun 2018 Tentang KIP.

Disisi lain kita mesti waspada bahwa pemanfaatan sistem  informasi manajemen dan pengelolaan data informasi Publik, ini berpotensi menghadapi resiko.

Kordiv SDMO Bawaslu Nias Selatan,Harapan Bawaulu SE.,MM.Telah menyelenggarakan berbagai Pelatihan terhadap Staff Sekretariat Non ASN di antaranya:

1.Manajemen Kearsipan,pada tanggal 1 maret 2022,Narasumber Jhon Firman Fau,SE.,ME,Dosen UNIRAYA.

2.Bawaslu zona itegritas,Wilayah bebas Korupsi,Wilayah birokrasi bersih melayani,Pada tanggal 5 juli 2022,Narasumber Rektor UNIRAYA Dr.Martiman S.Sarumaha MPd.

3.Sistem Informasi Manajemen (SIM) dan Pengelolaan data Informasi Publik.pada tanggal 7 juli 2022,Narasumber Tobias Duha S,Kom.,M,Kom.

Kegiatan tersebut diwarnai dengan diskusi dan berbagai pertanyaan dari peserta kepada Narasumber.

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: