>


Ketua Bawaslu Nias Selatan di Nobatkan Sebagai Tokoh Adat

 


Medianias.id_Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Nias Selatan,Harapan Bawaulu SE.,MM.di Nobatkan Sebagai Tokoh Adat/Si'ila Desa Hiliòfanaluo,kecamatan  Fanayama,Kabupaten Nias Selatan dengan gelar SIWA SANILA',bertempat di Halaman Desa,kamis 20/01/2022.

Menurut Kepala Desa Hiliòfanaluo,Felix Jurnalis Ge'e,Mengungkapkan Ketua Bawaslu Nias Selatan Harapan Bawaulu,Sangat layak di pilih sebagai tokoh adat Desa,berdasarkan track recordnya,jiwa Sosialnya di tengah  masyarakat baik dan terpuji.


Selanjutnya Kades menambahkan Minimal 3 Syarat untuk di pilih sebagai tokoh adat/Si'ila yakni,Orang yang selalu memberikan Nasehat, Pemikiran (Sanuanua).Orang yang selalu hadir,datang ditengah-tengah Masyarakat (Simòimo'i),.Orang yang selalu berkorban untuk membangun Desa baik dari sisi pemikiran,tenaga serta materi.


Menurut Hasanulòni Wau,Bangsawan (Si'ulu) Desa Hiliòfanaluo,mengungkapkan bahwa proses pengangkatan tokoh adat/si'ila,sangat ketat,bukan di ukur karena memiliki harta/kaya atau jabatan seseorang.tetapi melalui uji kompetensi Publik dan Musyawarah Desa,yang melibatkan seluruh elemen masyarakat desa dan Pemerintah Desa,mulai dari uji kelayakan Integritas,Kapabilitas,Profesional,Independen dan akuntabilitas,berdasarkan tolak ukur tersebut,maka keputusan Rapat Desa,Harapan Bawaulu SE.,MM.di pilih sebagai tokoh Adat/Si'ila desa Hiliòfanaluo,kecamatan Fanayama,Kabupaten Nias Selatan.

Sebutan si'ila (tokoh adat) dalam bahasa nias adalah orang yang cerdas,bijaksana dan mampu memberikan solusi.sebelum diambil Sumpah dan Janji sebagai tokoh adat (Si'ila) terlebih dahulu di sambut dengan tari Perang dan tari-tarian yang di saksikan oleh Masyarakat desa.


Pantauan awak Media Bahwa Harapan Bawaulu,SE.,MM. merupakan Alumni S-1 Manajemen STIE-Nisel (UNIRAYA) Tahun 2014 dan Alumni S-2 Magister Manajemen Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta Tahun 2016.Saat ini Menjabat sebagai Ketua Bawaslu Nias Selatan 2020 - 2023.



Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: