>


Gerak Cepat Tim Sar Lanal Nias Evakuasi Korban Banjir Dan Longsor


MediaNias. ID  Nias Selatan  -  Dampak hujan lebat yang mengguyur pulau Nias sejak Jumat hingga Sabtu ini mengakibatkan beberapa daerah di Pulau Nias dilanda banjir dan longsor, yang mengakibatkan akses jalan utama putus total dan sama sekali tidak bisa dilewati oleh kendaraan bermotor, termasuk pejalan kaki, baik di jalur jalan Kabupaten Nias Selatan menuju Nias Barat maupun jalan Kabupaten Nias Barat sampai ke Kota Gunungsitoli. 

Begitu mendapat berita dari BPBD Kabupaten Nias Selatan bahwa telah terjadi beberapa bencana alam, Tim SAR Lanal Nias yang sudah dipersiapkan sebelumnya untuk mengantisipasi segala kemungkinan terjadinya bencana alam langsung beraksi. 

Setelah mendapatkan perintah untuk melaksanakan SAR dari Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, kemudian dilaksanakan briefing oleh Pasintel Lanal Nias Mayor Laut (P) Ismail Hamid. lalu Tim SAR Lanal Nias yang berjumlah 13 orang dipimpin Pasops Lanal Nias Mayor Laut (P) Yudiono langsung menuju lokasi banjir untuk melaksanakan evakuasi.

Dalam keterangan yang disampaikan oleh Komandan Lanal Nias bahwa dampak hujan lebat yang terjadi sejak Jumat hingga Sabtu siang ini mengakibatkan terjadi banjir dan longsor di beberapa daerah. Banjir tersebut menggenangi jalan utama dan jalan-jalan ke perumahan warga bahkan ada yang masuk ke dalam rumah dengan kedalamam air mencapai satu meter, sehingga memutuskan akses jalan. Untuk membantu warga maka Tim SAR Lanal Nias bergerak cepat dengan menggunakan perahu karet.

Banjir yang terjadi di Desa Ndraso Hilisimaetano Kecamatan Maniamolo Kabupaten Nias Selatan dan Desa Siforoasi Kecamatan Amandraya Kabupaten Nias Selatan mengakibatkan akses jalan tergenang sepanjang 1.5 km dengan kedalaman air 75 cm sampai 1 meter dan tidak bisa dilewati baik oleh kendaraan bermotor maupun oleh masyarakat pejalan kaki. Ada tujuh tiang listrik PLN yang roboh mengakibatkan mati lampu di Desa Ndraso Hilidimaetano Kec Maniamolo Kabupaten Nias Selatan. Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, namun banyak sawah penduduk yang rusak.

Sementara itu di Kota Gunungsitoli, tepatnya Desa Laowomaru Kecamatan Gunungsitoli Selatan terjadi longsor di tebing Laowomaru yang mengakibatkan ruas jalan nasional dari kota Gunungsitoli menuju Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan tertutup material batu dan tanah sehingga jalan putus/tidak bisa dilewati.

Di Dusun III Desa Hilihao Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli terjadi longsor karena hujan terus menerus semenjak hari Jumat sampai hari Sabtu yang mengakibatkan korban jiwa satu orang atas nama Ama Yoni (45 tahun) pembuat batu bata. Korban  sudah dievakuasi ke rumahnya. Sementara yang luka ringan dua orang, yaitu  Nove (25 tahun) pembuat batu bata dan  Mei (3 tahun) perempuan, keduanya dirawat di Puskesmas Kauko Kecamatan Gunungsitoli. 

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: