>


9 Gejala yang Tanpa Disadari Mengarah ke Infeksi Covid-19


MediaNias.ID
- Infeksi Covid-19 yang dialami bisa menimbulkan gejala berat, sedang, dan ringan. Bahkan mungkin tanpa disadari, Anda terjangkit Covid-19 dengan gejala tertentu. Apa saja gejala yang tanpa disadari mengarah ke infeksi Covid-19?

Dikutip dari Cosmopolitan, menurut beberapa ahli, terdapat beberapa gejala yang tanpa disadari mengarah ke infeksi Covid-19. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Berikut 9 gejala yang tanpa disadari mengarah ke infeksi Covid-19.

1. Sakit Kepala Berulang

Seorang ahli jantung asal London, Dr Dominic Pimenta, menyatakan bahwa sebanyak 70% orang yang mengalami sakit kepala karena Covid-19. Sakit kepala seringkali dianggap sebagai gejala tak berarti. 

Akan tetapi jika Anda mengalami sakit kepala berulang meski telah mengonsumsi obat seperti Ibuprofen, mungkin bisa menjadi pertanda Anda harus melakukan tes Covid-19.

2. Rasa Lelah

Rasa lelah yang Anda alami beberapa hari berturut-turut bisa menjadi tanda-tanda awal Covid-19. Kelelahan juga disertai gejala lainnya yang dirasakan.

Berdasarkan studi Journal of the American Medical Association (JAMA), kelelahan merupakan salah satu efek terlama yang bertahan setelah seseorang terinfeksi Corona. Hal ini ditunjukkan dengan data sebanyak 53% pasien bertahan melawan kelelahan hingga 60 hari setelah menunjukkan gejala terinfeksi virus.

3. Sakit Tenggorokan

Tak hanya menandakan Anda sedang terserang flu, sakit tenggorokan juga bisa menjadi salah satu gejala Anda terkena infeksi Covid-19.

4. Muntah dan Diare

Gejala muntah dan diare kurang banyak diperhatikan sebagai salah satu gejala virus Corona. Jika Anda mengalami sakit perut, mual, muntah, dan diare, kondisi ini bisa menjadi gejala Covid-19 tanpa disertai gejala penyerta lainnya.

5. Flu yang Parah

Setiap dua kasus flu yang terjadi, salah satunya adalah kasus Covid-19. Temuan tersebut menurut penelitian dari University of Texas yang dikutip oleh Prevention. Makanya flu termasuk gejala yang tanpa disadari mengarah ke infeksi Covid-19.

William Schaffner, spesialis menular di Vanderbilt University School, mengatakan sulit membedakan flu ringan Covid-19 tanpa dilakukan tes. Namun flu biasanya tidak akan membuat sesak napas, sakit kepala atau gejala gastrointestinal. Sehingga apabila flu yang Anda alami menimbulkan sesak napas dan sakit kepala, kondisi ini patut dicurigai sebagai tanda terkena Covid-19.

6. Indera Penciuman dan Perasa Hilang

Kondisi indera penciuman dan perasa yang tiba-tiba menghilang atau disebut anosmia bisa menjadi gejala utama Covid-19. Meskipun tak semua orang mengalami anosmia, gejala ini sangat berkaitan dengan Covid-19. 

Catatan dari American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery (AAO-HNS), sebanyak 27% penyintas Covid-19 yang hilang indera penciumannya, menuju kondisi pulih dalam waktu 7 hari. Sedangkan sebagian besar lainnya membaik dalam waktu 10 hari.

Anosmia juga dapat disertai kondisi gangguan pernapasan lainnya, seperti flu, pilek, infeksi sinus hingga alergi musiman. Bahkan gejala anosmia ini menurut para ahli bisa bertahan hingga berbulan-bulan setelah sembuh dari Covid-19. 

7. Kerontokan Rambut

Gejala Covid-19 yang tidak disadari berikutnya adalah kerontokan rambut. Anggota Survivor Corps (grup dukungan Facebook untuk penyintas Covid-19), menyatakan mengalami kerontokan rambut pasca pulih dari Covid-19 selama berbulan-bulan.

Meski demikian, ada banyak faktor penyebab kerontokan lainnya, seperti stres ekstrem, kehamilan, penurunan berat badan, dan penyakit lainnya setelah Covid-19.

8. Kondisi Sesak Napas Sesekali

Penelitian dalam JAMA, menyatakan bahwa efek samping yang paling dialami karena terpapar Covid-19 adalah sesak napas. Bisa jadi sebelumnya Anda telah terpapar Covid-19 tanpa disadari. Segera hubungi dokter untuk dirujuk ke spesialis paru-paru.

9. Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Kondisi batuk berkepanjangan menjadi gejala yang paling banyak ditemukan dalam penelitian JAMA. Batuk yang dialami adalah batuk kering atau tidak ada dahak atau lendir. Sebanyak 43% orang yang dites positif Covid-19, bahkan masih mengalami batuk selama 14 hingga 21 hari.

Itulah 9 gejala yang tanpa disadari mengarah ke infeksi Covid-19. Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, segera pergi ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk dilakukan tes Covid-19.


Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: