>



Forum Nias Selatan dan Perjalananya Menuju Munas ke - III


MediaNias.ID
- Ormas Forum Nias Selatan (FORNISEL) pada awalnya dicetuskan oleh Yustitus Zagoto, Fransiskus Laia dan Julius Edison Duha dengan mengadakan pertemuan dan mengajak beberapa diantaranya Anton Anotona Zagoto, Sotiaman Tafonaao, Waris Wau, Sabar Hulu, Anugerah Dachi dan Edward Wau (alm), yang sama-sama berasal dari Nias Selatan sekitar tanggal 23 September 2010 bertempat dirumah dinas Yustitus Zagoto, Cililitan – Jakarta Timur.

Nama-nama diatas merupakan penggagas awal berdirinya Forum Nias Selatan walaupun belum ada kesepakatan nama ormas yang akan diberikan karena diantara mereka masih mengusulkan beberapa nama diantaranya Paguyuban Masyarakat Nias Selatan, Forum Masyarakat Nias Selatan, Orahua Niha Raya, Himpunan Masyarakat Nias Selatan.

Seiring berjalannya waktu, kepengurusan organisasi Forum Nias Selatan terbentuk yang di pimpin oleh Yulius Edison Duha sebagai Ketua Umum dan Setiaman Tafonao sebagai Sekretaris Umum melalui pertemuan yang diadakan di gedung PGI-Salemba – Jakarta pada tanggal 21 November 2010 yang dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat Nias Selatan, walaupun organisasi ini masih belum memiliki AD/ART dan legalitas akan tetapi untuk mewujudkannya di bentuk kepengurusan dan melakukan beberapa kegiatan diantaranya perayaan natal dan tahun baru.

Foto usai pertemuan di Gedung PGI, Salemba - Jakarta (21 Nov 2010)
Foto bersama usai pertemuan, PGI Salemba- Jakarta (21 Nov 2010)

Perjalanan ormas Forum Nias Selatan ini, mengalami berbagai tantangan diantaranya beberapa orang yang menjadi penggagas organisasi ini tidak lagi mengawal sampai organisasi ini benar-benar berdiri secara legal dengan memiliki AD/ART yang didaftarkan di Notaris.

Bahkan setiap pertemuan yang diadakan dirumah Yustitus Zagoto yang selalu hadir ialah Yustitus Zagoto, Yulius Edison Duha, Setimanan Tafonao dan Tobias Duha. Pertemuan yang diadakan dirumah Yustitus Zagoto membuahkan hasil yaitu membentuk panitia Musyawarah Nasional Forum Nias Selatan dengan menunjuk Tobias Duha sebagai Ketua Panitia Musyawarah Nasional I yang tujuannya segera mensahkan AD/ART organisasi Forum Nias Selatan.

Hasil Munas I Forum Nias Selatan yang diadakan Hotel Mega Pro – Jakarta pada tanggal 25 oktober 2014 para penggagas ormas Forum Nias Selatan hanya dihadiri oleh Yustitus Zagoto, Yulius Edison Duha dan Setiaman Tafonao dan menghasilkan AD/ART Forum Nias Selatan sekaligus terpilih pergantian kepengurusan yang baru yaitu Yustitus Zagoto sebagai Ketua Umum dan Tobias Duha sebagai Sekretaris Jenderal sekaligus memberikan tugas kepada panitia Munas I Forum Nias Selatan agar segera mengurus legalitas agar organisasi Forum Nias Selatan sah secara hukum.

Hasilnya, sebelas orang perwakilan dari Nias Selatan diantaranya Yustitus Zagoto, Yulius Edison Duha, Anton Anotona Zagoto, Yamuwuni Lase, Aril Molo, Waspada Wau (alm), Kornelius Wau, Tobias Duha, Ethika Duha, Safrudin Loi dan Fatmawati Manao bersama-sama mendaftarkan pendirian organisasi Forum Nias Selatan ke Notaris Bonar Sihombing dengan nomor Akta 43 tertanggal 16 Januari 2015.

Dalam akta pendirian Forum Nias Selatan, kesebelas nama-nama diatas disebutkan sebagai pendiri dengan menetapkan tanggal 21 November 2010 sebagai hari berdirinya Forum Nias Selatan sebagaimana tertera dalam AD/ART Forum Nias Selatan hasil dari Musyawarah Nasional I Forum Nias Selatan.

Selamat menyongsong Munas FORNISEL ke - III, kiranya FORNISEL sesuai cita-cita awal sebagaimana tertera dalam AD/ART pertama FORNISEL pasal 8 dan tidak dijadikan alat politik praktis.

Bagi yang ingin Akta Pendirian FORNISEL secara lengkap, silahkan klik link ini



Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: