Di Masa Pandemi Covid-19, Harga Baleda Naik


MediaNias.ID Gunungsitoli – Di masa pandemic corona virus disases 19 (COVID-19), malah harga Baleda atau Ikan Layur (Trichiurus Lepturus) melonjak naik di Pulau Nias.

Seperti disampaikan oleh Arfat kepada MediaNias.ID di lokasi penampungan Baleda di Gunungsitoli, Kamis (23/7/2020) “seingat saya, dengan adanya penyakit Corona, Baleda harganya naik”.

Lelaki yang berdomisili di Desa Botohaenga Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias itu menuturkan, sebelum Maret 2020 yang lalu, harga Baleda dari nelayan sekitar Rp 10.000 setiap kilogram. Setelah itu harganya mulai naik Rp 17.000 dan hingga Juli 2020 seharga Rp 31.000 per kilogram.

“Harga dipangkalan sekitar Rp 25.000. di Gunungsitoli Rp 31.000” ujar Arfat dengan senyum.

Disampaikan Arfat, seminggu dia bisa menampung Baleda dari nelayan di Pantai Onolimbu Desa Tagaue Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias setidaknya 1.000 kilogram. “Kalau dirata-ratakan seton seminggu saya bawa ke Gunungsitoli”.

Dilokasi yang sama, salah seorang penampung di Kota Gunungsitoli yang tidak mau disebutkan namanya kepada MediaNias.ID mengatakan Baleda saat ini menjadi ikan ekspor terutama di Thailand dan Korea.

“Saya hanya sampai di Sibolga. Lalu disana diolah lagi untuk langsung di kirim ke luar negeri” ujar lelaki paruh baya itu yang tidak mau menyebutkan berapa harga pasar di Sibolga.

Sehari sebelumnya, Kaofo Gea seorang nelayan di Tagaule yang dijumpai MediaNias.ID merasa bahagia dan senang dengan melonjaknya harga Baleda. Sore kemarin saja, pihaknya menjual Ikan Layur seharga Rp 6.500.000.

“Ya, cukuplah untuk bertahan hidup semasa corona ini” kata Kaofo dengan berlalu.

Manfaat Baleda

Mengonsumsi Baleda sangat banyak faedahnya untuk tubuh. Menurut laman www.bertani.co.id ada 17 khasiatnya meliputi memberantas lemak jahat, mencegah beri-beri, menambah kalori, menambah massa otot.

Selain itu, meredakan maaq, memberantas kolesterol, antibodi, mempercepat proses penyembuhan luka, diet, mencegah kanker otak, mengurangi resiko terkena diabetes, mencegah asam urat, mencegah infeksi, melancarkan siklus haid, menambah stamina dan melancarkan metabolism tubuh.

Sedangkan dari laman perikanan38.blogspot.com Baleda  memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya energy 82 kilokalori, protein 18 gram, karbohidrat 0,4 gram, lemak, kalsium, fosfor, omega 3, magnesium dan zat besi. Dan juga terkandung vitamin A, B1, B12, B2, C dan vitamin D. [ON]

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: