Pemdes Botohaenga Salurkan BLT - DD

MediaNias.ID, Bawolato – Pemerintahan Desa Botohaenga Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias membagikan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) tahap I untuk Bulan April 2020 kepada 39 kepala keluarga (KK) penerima manfaat dengan jumlah total Rp 23.600.000, di Balai Desa Botohaenga Senin (15/6/2020).

Disampaikan Kepala Desa Botohaenga Tabrani Lase saat pendataan calon penerima telah sesuai regulasi yang ada. Bahkan setelah mendapat persetujuan Camat Bawolato, dan telah diumumkan melalui baliho di Balai Desa Botohaenga.

“Setiap KK menerima Rp 600.000. untuk Bulan Mei dan Juni Tahun 2020, segera menyusul” ujar Tabrani dengan senyum.

Lanjut Tabrani total penduduk 250 KK, penerima BLT-DD hanya 39 KK. “Yang lainnya merupakan penerima program keluarga harapan (PKH), PNS dan bantuan lainnya”.

Dilokasi yang sama, Camat Bawolato Elizama Gea menyampaikan bahwa penerima BLT-DD tidak ada yang perlu ditutup-tutupi dan jumlah yang diterima tidak boleh dipotong dengan alasan apapun. “Tidak boleh terpotong sepersenpun”. Bila hal itu terjadi silahkan melaporkan kepada kepala desa dan apabila tidak bisa diselesaikan lanjutkan ke pihak lebih berwenang.

Saat memberi arahan dan bimbingan, Elizama menyatakan khusus bantuan dari Gubernur Sumatera Utara untuk tahap II yang berhak menerima boleh penerima BLT-DD dan PKH. Kecuali PNS, perangkat desa, TNI/POLRI dan pegawai.

“Batas penyerahan data penerima bantuan Gubsu tahap II hari ini. Kades, silahkan sore ini sampaikan data ke Dinas Sosial” ujar Elizama dengan pelan sambil mengayunkan tangannya.

Lanjut Elizama diharapkan pemerintah kiranya bantuan ini dapat dimanfaatkan tepat sasaran pada kebutuhan keluarga. Dan tetap mematuhi protoloker kesehatan dalam mengikuti tatanan kehidupan baru dengan istilah lainnya new normal.

“Pengalaman di desa lainnya, ketika BLD ini dibagi, yang merima oleh suami sebesar Rp 600.000. yang sampai di tangan istri hanya Rp 50.000. sisanya telah digunakan untuk berfoya-foya. Hal ini jangan sampai terjadi di Desa Botohaenga”.

Hal yang sama ditegaskan Brigadir A.A Ritonga sebagai BABINKAMTIBMAS Polsek Bawolato. Bantuan yang sudah diberikan pemerintah guna kebutuhan keluarga menghadapi pandemic corona virus disases 19 (COVID-19).

“Jika nantinya bantuan ini akan menjadi pertikaian di keluarga, kami tidak segan-segan untuk mengamankan”. Cetus Ritonga dengan nada keras.

Pengamatan MEDIANIAS.ID, pemanfaat yang tidak bisa hadir karena menderita penyakit kronis Pemerintah Desa Botohaenga dikawal oleh BABINSA dan PLD untuk menyerahkan bantuan yang dimaksud. [ON]

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: