Dua Desa di Lahusa Belum Teraliri Listrik

MediaNias.ID, Lahusa - Kecamatan Lahusa terdiri dari 23 Desa,  dan ada 2 (dua)  Desa, yakni Desa Harenoro dan Sisarahililaza  masih belum menikmati penerangan listrik masuk desa,  jika kita lihat pada malam sangat gelap gulita sementara jumlah penduduknya 5.506 jiwa dan atau 572 kepala keluarga (KK) itu khusus Desa Harenoro sementara Desa sisarahililaza 375 KK. 

Diwilayah dua Desa tersebut ada bangunan infanstruktur pemerintah yakni Sekolah PAUD 2 Unit,  SD 3 unit,  SMP 2 unit,  SMK Swasta 1 Unit dan 10 Gereja dan sistem masih pengajarannya manual.
Wilayah dua Desa ini selalu jadi perhatian namun takkan pernah masuk Listrik PLN sekalipun banyak pejabat yang pernah masuk di Desa tersebut,  termasuk Bupati Nisel Hilarius Duha namun apa yang sudah dijanjikan sia-sia. 
Kades Harenoro, April Ndruru

Saat wartawan MediaNias.ID datang kelokasi desa tersebut, ketemu dengan beberapa tokoh masyarakat mereka menyampaikan harapan agar segera bisa masuk listrik,  dimana sekolah-sekolah masih menggunakan sistem tatap muka,  sehingga pada masa pandemi covid19 ini terkendala, tidak bisa melaksanakan ujian secara daring. Harapan para tokoh masyarakat agar pihak PT. PLN Nias mendengar permohonan kami,  ujar salah satu tokoh yang tidak mau disebutkan namanya. 

Ditempat berbeda,  Kades Harenoro April Ndruru mengatakan bahwa sebenarnya sudah berulangkali kami membuat Proposal terkait permohonan listrik masuk desa, dengan harapan agar PLN bisa mengakomodir,  soal pengangkutan kami siap swadaya serta pembebasan lahan yang akan dilalui atau yang dipakai untuk masuk tiang telah dibebaskan atau telah dihibahkan oleh masyarakat dua desa,  ujarnya. [PL].

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: