"Sail Nias 2019" Nias Selatan Resmi Jadi Tuan Rumah

Hilarius Duha (Bupati Nias Selatan)
MediaNias.Id , Nias Selatan - Perhelatan pelaksanaan "Sail Nias tahun 2019" gaung begitu membahana. Dimana Kabupaten Nias Selatan resmi menjadi tuan rumah. Bupati Nias Selatan Hilarius Duha menyampaikan kepada sejumlah wartawan, di ruang kerjanya, Jalan arah Lagundri-Sorake Kecamatan Fanayama, Selasa, (12/02/2019).

Bupati Nias Selatan, memaparkan bahwa dalam kegiatan ini beberapa Kementerian dilibatkan termasuk Menteri Hukum dan HAM RI menjadi salah satu Panitia. “Event ini dijadwalkan akan digelar sekitar bulan September mendatang dan terpenting kita siap menggelar event ini di Nias Selatan. Anggaran untuk kegiatan itu sebagian sudah kita siapkan dan pihak Pemerintah Pusat dan Provinsi juga siap membantu dan mendukung suksesnya event ini. karena ini bukan event tingkat Kabupaten namun ini merupakan event Nasional,” dijelaskan Bupati

Berbagai sarana-prasarana pendukung juga, lanjutnya, sudah mulai dipersiapkan termasuk pembangunan infrasturuktur dari Kota Telukdalam menuju Sorake sebagai salah satu lokasi kegiatan surfing. ” Ada sekitar 7 Km panjang jalan dari Telukdalam menuju Sorake akan dihotmix termasuk penataan pantai Sorake,” ungkap Bupati.

Dijelaskannya, fasilitas penginapan juga akan terus dibenahi dan bahkan nantinya akan dimanfaatkan juga rumah-rumah warga untuk menampung para tamu yang menyaksikan event tersebut.  “Jumlah pengunjung pada event itu, kita targetkan dapat mencapai 20-30 ribu orang lebih. artinya bisa melebihi jumlah pengunjung saat lomba surfing tahun kemarin karena ini merupakan event bertaraf Nasional,” beber Bupati.

Tujuan utama event ini guna memajukan dunia pariwisata Kepulauan Nias khususnya Nias Selatan serta mendongkrak kunjungan para wisatawan baik wisatawan manca negara maupun wisatawan nusantara muaranya untuk mensejahterakan masyarakat Nisel sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), ungkap Bupati

Beragam acara diselenggarakan untuk meramaikan acara Sail Nias. Sejumlah kegiatan sebagai acara pendukung selain Surfing, juga digelar antara lain budaya lompat batu dan atraksi budaya tari perang serta pagelaran budaya-budaya tradisional lainnya.

Bupati Hilarius mengharapkan agar event ini bisa sukses jika didukung seluruh stakholder mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Daerah dan stakholder lainnya termasuk didalamnya masyarakat Nias Selatan ikut andil membantu kegiatan ini, hingga dapat terlaksana dengan baik, tandasnya.

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita:

0 Response to ""Sail Nias 2019" Nias Selatan Resmi Jadi Tuan Rumah"

Posting Komentar