>


Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Selenggarakan Diseminasi Audit Kasus Stunting





MediaNias.ID _ Pemerintah kab. Nias Selatan melalui Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten, hari ini menyelenggarakan kegiatan Diseminisasi Audit Kasus Stunting I (AKS I) yang dihadiri oleh seluruh Dinas yang tergabung dalam TPPS Kabupaten dan stakeholder terkait bertempat di Kantor Bappeda (Kamis, 16/05/ 2024).

Kadis P2KBP3A Swasti Elisabet Duha, S.Kep.,Ns., M.K.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa TPPS telah melaksanakan AKS I dengan lokus di Kecamatan Somambawa yang sasaran auditnya adalah 1 orang Baduta, 2 orang Bumil dan 2 orang Bufas. Selanjutnya, disampaikan bahwa prevalensi angka stunting tingkat kabupaten tahun ini mengalami peningkatan, ini disebabkan karena adanya pertambahan lokus kasus stunting Tahun 2024.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Fataloza Giawa, SH., MH mewakili Ketua TPPS Kabupaten Nias Selatan,  membuka secara resmi giat ini, dan menyampaikan bahwa Audit Kasus Stunting merupakan salah satu prioritas yang bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab stunting secara berkesinambungan. Asisten mengharapkan agar Tim Pakar dapat memberikan rekomendasi terhadap pelaksanaan AKS I sehingga dapat ditindaklanjuti.


Melalui aplikasi zoom meeting, hadir tim pakar yakni ; DR. dr. Ichwanul Adenin, S.POG (K)FER dari POGI, Dr. Anjeli Mery, S.Pa dari IDAI, Rahmadani Hidayatin, S.Psi, M.Kes dari HIMPSI dan Nilla Reswari Hariana, S.Gz, M.Si dari AIPGI, dan menyampaikan pemaparan yang dihadiri oleh Forkopimda, Direktur RSUD Nias Selatan, para Camat, Kepala Puskesmas, Satgas Stunting, mewakili Depag, mewakili Kades, dokter puskesmas dan PLKB Kecamatan Somambawa, dan diakhiri dengan penyerahan perangkat Bina Keluarga Balita  (BKB Kit) secara simbolis untuk kebutuhan Kampung KB di Kecamatan Somambawa oleh TPPS Kabupaten. 

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: