>


Jalan utama Penghubung Kecamatan Gomo dan Kecamatan Boronadu Amblas

 


MediaNias.id_Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH,MH didampingi Kadis PUPR Gayus Duha,S.Pd,Kapolres Nias Selatan AKBP Boney Wahyu Wicaksono S,I,K dan Kalaksa BPBD Arozatulo Maduwu, S.Pd meninjau lokasi kejadian bencana alam di Desa Hiliana'a Gomo Kecamatan Gomo Kabupaten Nias Selatan,Senin, 16/10/2023.

Bencana alam yang terjadi di Desa Hiliana'a Gomo pada hari Minggu tanggal 15 Oktober 2023, diakibatkan karena banjir luapan Sungai Gomo dimana alirannya telah bergeser menerjang sisi jalan dan mengakibatkan badan jalan amblas sehingga tidak dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Jalan tersebut merupakan satu-satunya penghubung dari Kecamatan Gomo ke Kecamatan Boronadu. Selain terputusnya akses jalan,satu Rumah ,tiang listrik dan trafo dilokasi kejadian juga ikut terseret arus banjir yang mengakibatkan aliran listrik lumpuh total di sepanjang jalan menuju Kecamatan Boronadu.


Di lokasi kejadian,Wakil Bupati Firman Giawa menyampaikan bahwa bencana alam ini disebabkan oleh ulah manusia yang melakukan penebangan pohon sembarangan terutama di sekitar hulu sungai dan pengambilan material sungai di tempat yang sudah dilarang sebelumnya. Selanjutnya,wakil Bupati memerintahkan Kadis PUPR untuk menyiapkan RAB,untuk rencana pembuatan bronjong agar jalan dapat dilalui kendaraan serta rencana untuk normalisasi Sungai Gomo, dan meminta kepada Petugas PLN,yang turut hadir di lokasi untuk segera membenahi tiang dan jaringan listrik di daerah itu agar aliran  listrik bisa kembali normal. 

Kades Hiliana'a Gomo Yurmin Telaumbanua, menyampaikan bahwa untuk kegiatan perbaikan jalan dan normalisasi sungai sudah ada hibah tanah dari masyarakat sehingga tidak ada kendala dari segi ketersediaan lahan.untuk pemindahan tiang listrik, masyarakat setempat bersedia memberikan tanahnya untuk pemasangan tempat Tiang listrik.

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: