Pemkab Nisel Adakan Rembuk Stunting

MediaNias.ID, Nias Selatan - Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melakukan rembuk stunting bertempat di Aula kantor Bupati Nias Selatan yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Ikhtiar Duha sekaligus mewakili Bupati Nias Selatan, Wakil Ketua DPRD Nias Selatan Fa'atulo Sarumaha, Kepala OPD, Camat, Para Kepala Pusksemas, Para Ibu Ketua PKK serta pimpinan Wahana Visi Indonesia.

Rembuk Stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah kabupaten untuk memastikan terjadinya intergrasi pelaksanaan intervensi pencegahan dan penurunan stunting secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah dan masyarakat.

Diharapkan hasil kegiatan Rembuk Stunting ini nantinya dapat menjadi dasar gerakan penurunan stunting di Kabupaten Nias Selatan melalui integrasi program/kegiatan yang dilakukan antar perangkat daerah, penanggung jawab layanan dan partisipasi masyarakat sehingga penurunan stunting di Kabupaten Nias Selatan dapat terwujud.

Adapun rencana aksi yang akan dilakukan di antaranya:

  1. Melakukan aksi konvergensi/integrasi program dan kegiatan yang terkait dengan percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting di Kabupaten Nias Selatan.
  2. Menjadikan konvergensi program percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting terintegrasi sebagai prioritas pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Nias Selatan
  3. Melakukan pengumpulan dan publikasi data stunting serta program-program percepatan yang sudah dilakukan secara berkala dan menggunakan data sebagai dasar untuk melakukan evaluasi konvergensi program percepatan pencegahan dan penaggulangan stunting.
  4. Menyusun kebijakan kampanye perubahan perilaku dan komunikasi masyarakat untuk konvergensi program percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting.
  5. Meningkatkan peran desa dalam melakukan konvergensi program percepatan pencegahan dan penaggulangan stunting di desa.
  6. Menetapkan metode Emotional Demonstartion (Emo Demo) sebagai salah satu strategi komunikasi perubahan perilaku masyarakat untuk percepatan pencegahan dan penaggulangan stunting dan akan di kembangkan ke seluruh lokasi puskesmas dan posyandu di wilayah Kabupaten Nias Selatan
  7. Mengintensifkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di seluruh perangkat daerah, kecamatan dan desa.
  8. Menjadikan Gerakan Masyarakat Gemar makan Ikan (GEMARIKAN) disemua laapisan masyarakat.
  9. Menjadikan Rembuk stunting sebagai forum strategis dalam perencanaan dan evaluasi program konvergensi percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting. 



Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: