Sail Nias 2019: Pusat Gelontorkan Ratusan Miliar Perbaikan Jalan

MediaNias.ID, Jakarta - Ajang perhelatan Sail Nias 2019, mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Untuk mendukung even nasional yang digelar pada September 2019 itu, Kementerian PUPR menggelontorkan anggaran hingga ratusan miliar untuk perbaikan atau penanganan jalan rusak.

Adapun jalan yang diperbaiki sebagaimana dikutip dari laman SPSE Kementerian PUPR, Jumat (15/6/2019), di antaranya adalah ruas jalan berstatus non nasional di Kabupaten Nias dan Nias Selatan.

Disebutkan bahwa proyek bernilai pagu Rp 18,745 miliar itu, ditenderkan pada 31 Mei 2019. Artinya usai proses tender tersebut, kemungkinan proyek itu baru akan dimulai pada awal Juli tahun ini.

Kementerian PUPR juga telah menganggarkan Rp 30,324 miliar untuk preservasi jalan batas Gunung Sitoli - Tetehosi - Lahusa - Teluk Dalam dan jalan dalam kota Gunung Sitoli yang sudah tender Januari 2019.

Selain itu, Kementerian PUPR juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 58,172 miliar untuk peningkatan struktur Jalan Afulu - batas Nias Barat. Proyek itu sudah ditenderkan pada 23 Mei 2019.

Selain untuk perbaikan jalan,
Kementerian PUPR juga menangani longsor yang terdapat di Lahusa, Teluk Dalam, Nisel. Sebanyak Rp 1,361 miliar dianggarkan untuk penanganan longsor yang ditenderkan Januari 2019 itu.

Sebelumnya, Pemprov Sumut juga membantu persiapan penyelenggaraan Sail Nias 2019 itu. Wakil Gubsu, Musa Rajekshah, pada rapat dengan jajaran Pemkab Nisel, Selasa (21/5/2019), mengatakan Pemprov Sumut membantu Nisel sebesar Rp 4 miliar.

Adapun bantuan anggaran itu antara lain untuk membenahi Pelabuhan Baru Teluk Dalam. Pemprov Sumut juga akan memberikan kapal kepada para nelayan untuk mendukung acara Parade Kapal Nelayan.

Sail Nias 2019, akan disemarakkan banyak atraksi, antara lain Kegiatan 1000 Tenda, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Tarian Perang Kolosal yang diikuti sebanyak 700 orang penari, lalu ada juga Festival Lompat Batu yang akan diikuti 100 orang pelompat.

Kemudian Tarian Fame Afo, Festival Budaya Kepulauan Batu, Demo Udara dan Terjun Payung, terakhir ada perlombaan Surfing International WSL Nias Pro 2019 untuk menyemarakan Sail Nias 2019.

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita:

0 Response to "Sail Nias 2019: Pusat Gelontorkan Ratusan Miliar Perbaikan Jalan"

Posting Komentar