12 Pantai Eksotis yang Wajib Dikunjungi di Kepulauan Nias

MediaNias.ID - Indonesia memang sudah sangat terkenal akan keindahan wisata baharinya, salah satunya adalah pantai-pantai elok yang terdapat di Kepulauan Nias. Tidak hanya wisatawan domestik baik penduduk lokal maupun pengunjung di luar Kepulauan Nias, pesona Kepulauan Nias juga mampu menarik turis mancanegara untuk berpelesir ke pulau yang lazim terkenal dengan tradisi lompat batu (hombo batu) tersebut.

Jangan khawatir mengenai akses menuju Kepulauan Nias. Bagi wisatawan yang berdomisili di luar Tanö Niha (sebutan untuk Kepulauan Nias dalam bahasa daerah Nias), kamu dapat berkunjung ke pulau ini melalui dua jalur.


  • Pertama, jalur laut, menggunakan kapal dengan estimasi 10 jam pelayaran dengan rute Sibolga – Gunungsitoli.
  • Kedua, jalur udara, menggunakan pesawat menuju Gunungsitoli dari Medan atau Padang dengan estimasi 1 jam durasi penerbangan.

Para wisatatwan dijamin tidak akan rugi menghabiskan masa liburan ke pulau yang terletak di provinsi Sumatera Utara ini. Aneka destinasi wisata telah bersiap memanjakan mata, seperti deretan pantai-pantai indah yang bahkan sudah terkenal hingga ke luar negeri. Nah, berikut destinasi wisata pantai di seantero Kepulauan Nias yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Sorake
Pantai ini termasuk unik lantaran batu-batu karang yang menghampar di sepanjang bibir pantai. Pantai yang terletak di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, ini juga terkenal dengan ombaknya yang besar dan tinggi. Hal inilah yang menjadikan Pantai Sorake adalah pilihan tepat untuk kegiatan berselancar (surfing). Sehingga banyak peselancar mancanegara yang datang ke pantai ini untuk mengikuti lomba selancar atau Nias Open setiap tahunnya. Wajar saja, Pantai Sorake bahkan dinobatkan dalam 10 pantai terbaik di dunia untuk berselancar!

2. Pantai Lagundri
Bagi para surfer kelas dunia, keberadaan pantai Lagundri pasti sudah tak asing lagi. Pantai yamg terletak tak jauh dari Pantai Sorake ini adalah primadona bagi para pecinta surfing. Sama halnya dengan Pantai Sorake, Pantai Lagundri pun termasuk dalam 10 pantai terbaik di dunia untuk surfing dengan tinggi ombak yang bisa mencapai delapan hingga sepuluh meter (sekitar 5 tingkatan) , dengan panjang hingga berkilo-kilo meter. Bagi kamu yang hendak menikmati panorama indah pantai sekaligus melakukan kegiatan berselancar, sebaiknya berkunjung sekitar Juni atau Juli lantaran cuaca dan ombak pantai sedang bagus-bagusnya.

3. Pantai Ladeha
Keunikah paling terkenal dari pantai yang berada Kec. Amandraya, Kab. Nias Selatan ini adalah keberadaan kolam alami yang terbuat dari batu-batu karang. Kolam ini konon tercipta ketika Pulau Nias tertimpa musibah gempa bumi pada 2005 silam sehingga terjadi perubahan bentuk fisik pada pantai indah yang satu ini. Selain itu, wisatawan juga dibuat terpesona dengan suasana matahari terbenamnya.

4. Pantai Pulau Tello
Pulau Tello merupakan ibukota Kecamatan dari Pulau-Pulau Batu di Kab. Nias Selatan. Gulungan ombak yang besar memang menjadi daya tarik utama kedatangan para turis ke pulau ini untuk melakukan kegiatan surfing. Ditambah pula dengan pesona alam yang indah serta kondisi yang tidak terlalu ramai. Pantai berpasir lembut ini juga memiliki kekayaan alam bawah laut yang ampuh memanjakan mata. Apalagi pemandangan sunrise dan sunset di pulau ini sangat eksotis.

5. Pantai Sirombu
Pantai yang terletak di Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, yang menjadi salah satu poin inti mengapa pantai ini dikatakan ikonik. Tak akan terhapus dalam ingatan ono Niha (bahasa daerah Nias yang artinya orang Nias), bahwa Pantai Sirombu menjadi saksi bisu dari tragedi Tsunami pada 2004 dan gempa bumi pada 2005 silam yang meluluhlantakkan kawasan ini. Bahkan, sisa puing-puing bangunan yang sudah tertutupi rumput-rumput liar yang tersebar di beberapa sudut pantai, seolah menunjukkan betapa bencana alam telah menyapu jejak-jejak ramainya Sirombu sebelum gulungan ombak itu menghantam daerah ini.

6. Pantai Pulau Asu
Pulau Asu sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara bahkan dijuluki sebagai 'Paradise on the Earth'. Pulau Asu merupakan salah satu pulau di Kepulauan Hinako yang terletak dalam wilayah administrasi Kab. Nias Barat. Di pulau berpasir putih ini, pengunjung dapat melakukan kegiatan snoorkeling dan diving untuk melihat keindahan bawah laut pulau Asu. Berbagai jenis terumbu karang, koral, dan ikan hias warna warni berpadu menjadi suguhan yang menawan. Tidak hanya ombaknya yang menggulung tinggi untuk kegiatan surfing, pemandangan matahari tebenam disini pun sangat mempesona.

7. Pantai Turelotu
Salah satu keistimewaan pantai yang terletak di Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara ini adalah karang-karang eksotis (juga dikenal sebagai batu otak karena sekilas menyerupai otak) yang sebelumnya berada di bawah laut menjadi berada di daratan pantai lantaran ‘surutnya’ air laut yang terjadi sejak peristiwa gempa bumi yang terjadi di Pulau Nias pada Maret 2005 silam.

Selain itu, wisatawan juga dapat merasakan sensasi mengapung meski tanpa pelampung seperti di Laut Mati loh! Hal ini disebabkan oleh kandungan kadar garam yang sangat tinggi di air laut pantai ini. Wajar saja, jika Pantai Tureloto dijuluki sebagai Laut Mati-nya Indonesia. Akan tetapi, walaupun kadar garamnya sangat tinggi, ternyata pantai ini masih menyimpan kehidupan biota laut yang kaya di dalamnya.

8. Pantai Hoya
Di sepanjang Pantai Hoya yang berada di Kec. Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli ini berjejer indah ratusan pohon pinus. Destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas pondok atau warung yang menyajikan aneka hidangan laut (seafood) yang menggugah selera untuk semakin memanjakan para wisatawan yang berkunjung.

9. Pantai Pasir Berbisik
Pantai Pasir Berbisik berlokasi di Kec. Sawo, Kab Nias Utara. Menurut legenda, pantai ini dinamai 'pantai pasir berbisik' karena terdengar 'nada' dari pasir ketika pengunjung melangkah di atasnya. Keunikan lainnya adalah pantai ini tidak dibatasi oleh pohon kelapa seperti yang biasa tumbuh di pantai-pantai lain, melainkan pohon-pohon pinus yang sengaja di tanam untuk menaungi pantai.

10. Pantai Pulau Panjang
Pulau Panjang yang terletak di Kab. Nias Utara ini memang belum seterkenal Pulau Asu atau Pulau Tello,  namun keeksotisan pantai di pulau ini tak kalah mempesona dari pantai-pantai lain di pulau Nias. Pantai ini tak hanya memiliki pasir yang lembut saja, namun juga banyaknya koral-koral unik yang terhampar di sepanjang bibir pantai.

11. Pantai Gawu Soyo
Pantai Gawu Soyo yang berwarna pasir kemerahan (sesuai namanya) ini terletak di Kec. Afulu, Kab. Nias Utara. Dari kejauhan, pasir kemerahannya sekilas tampak seperti tanah liat yang berwarna kemerahan lantaran warna merah pasir yang sangat pekat. Namun, apabila di sentuh, itu tentu lah bukan tanah liat, sebab adanya bulir-bulir pasir yang begitu halus. Sehingga apabila kaki melangkah menelusuri pantai, bulir-bulir pasir tersebut tampak menempel di tubuh pengunjung.

12. Pantai Moale
Pantai Moale yang berada di Nias Tengah tepatnya di Kecamatan O'ou Kabupaten Nias Selatan merupakan pantai yang mempunyai panorama yang indah dan gelombang launya yang juga sungguh mempesona. Pantai Moale ini  tahun 90-an menjadi primadona bagi wisatawan.  Tak ada salahnya jika berpergian ke Nias Selatan untuk bisa mampir melihat Pantai Moale, aksesnya cukup bagus dari Kota Teluk Dalam.

Selain itu, keberadaan spesies penyu langka di Indonesia yang kadang-kadang keluar dari habitatnya dan melintasi pantai juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke sana.

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita:

0 Response to "12 Pantai Eksotis yang Wajib Dikunjungi di Kepulauan Nias"

Posting Komentar